Artikel pengembangan diri WNI

22.40 Spesialis Penangkal Petir Surabaya 0 Comments



                                                    

                 Pada saat berjalan2 di daerah sekitar tempat tinggal , saya melihat banyak muda mudi yang nongkrong di pinggir jalan, mereka bercampur baur, dengan perkataan2 yang tidak baik. tidak jarang, mereka menyematkan rokok dibibirnya agar terlihat lebih jantan, lalu tertawa tanpa sesuatu yang jelas . ada yang berpakaian anak punk , berpakaian hitam2 penuh simbol setan , dengan rambut yang khas aneh, mereka berjalan kesana kemari , tidur dipinggir jalan atau di pasar2. melihat kenyataan ini , seperti apa kira2 masa depan mereka ?
                apabila kita menemui seseorang yang mempunyai tatto di seluruh badannya, dengan luka yang banyak ditubuhnya, serta perawakan yang keras maka kita berkesimpulan kemungkinan besar keadaannya kini adalah seorang preman . keadaannya kini menandakan pilihan hidup yang dia buat pada masa lalunya . pada masa lalunya , tidak mungkin dia memilih untuk menjadi muslim yang taat, tidak mungkin pada masa lalunya pula , dia siswa teladan atau mahasiswa teladan. mengapa ? karena hidup adalah sebuah pilihan. kemungkinan besar , masa lalunya dipenuhi kekelaman , bolos sekolah, menipu dan mencuri, bertengkar dan lainnya ...
                sering kita jumpai seorang laki2 di dalam masjid atau pada bulan ramadhan ia tampak sebagai seorang muslim , kemudian didalam kehidupannya , atau intraksi sosialnya , atau dalam keadaan2nya yang lain , ia menjadi orang lain .
                dalam dunia pendidikan hanya 11% siswa SMU yang melanjutkan ke perguruan tinggi (APTISI,2000). 100 juta atau kurang lebih 50% penduduk indonesia hidup di garis kemiskinan dengan garis kemiskinan US$ 2 per hari (MI,2006). menurut BPS thun 2009, angka penggangguran bertambah bertambah menjadi menjadi 113,74 juta orang, dan angka "setengah" mengganggur adalah 59% penduduk indonesia. komnas perlindungan anak pun merilis pada tahun 2007 sekitar 11,7 juta anak putus sekolah, dan masih berkaitan dengan kualitas SDM kita , lembaga demografi UI juga menyatakan bahwa 58,36 juta dari 111,47 juta (52,3%) angkatan kerja di indonesia hanya berpendidikan setingkat SD, sekitar 19,91  % berpendidikan setingkat SMP, 20,7 % setingkat SMA , dan hanya 5,05 % perguruan tinggi . senada dengan itu laporan ADB atas pendidikan di indonesia juga menunjukkan hal serupa yaitu hanya 46,8% siswa yang mampu menyelesaikan wajib pendidikan 9 tahun . 
                perlu pembenahan mulai dini agar menjadi pribadi yang lebih baik agar masalah diatas bisa di minimalisir .. perkembangan mencolok selama beberapa dasawarsa menjelang dimulainya abad 21 ditandai dengan semakin pentingnya informasi dan pengolahan data di dalam banyak aspek kehidupan manusia . dengan tersedianya berbagai bentuk media informasi, kini masyarakat memiliki pilihan yang lebih banyak bagi informasi yang ingin mereka dapatkan . kemajuan teknologi informasi seolah - olah membuat semua orang dapat mengetahui apa saja yang ingin mereka ketahui dengan segera .sementara itu seiring dengan lajunya gerak pembangunan , organisasi2 publik maupun swasta semakin banyak yang mampu memanfaatkan teknologi informasi baru yang dapat menunjang efektivitas , produktivitas dan efisiensi mereka .  aplikasi teknologi komputer benar2 telah menandai revolusi peradaban yang memungkinkan pekerjaan2 di dalam organisasi dapat diselesaikan secara cepat , akurat , dan efisien .
                dalam meghadapi era globalisasi saat ini , komputer dengan internetnya sangat berguna bagi dunia bisnis . dengan alat ini pekerjaan2 dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien . dalam krangka bisnis . internet sebenarnya merupakan hyper mal yang menyimpan puluhan bahkan ratusanjenis produk . mulai sebako sampai dengan lukisan , mulai dari kaus kaki sampai dengan komputer canggih .
                ada dua fasilitas utama di internet yang bermanfaat bagi dunia bisnis , yaitu fasilitas Electronic Mail dan World Wide Web
                1. Electronic Mail (E-mail)
E-mail adalah surat elektronik yang dikirim melalui internet . pebisnis dapat berkirim ke satu atau banyak orang atau menerima informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, video, dan grafis melalui komputernya dari pengguna internet di seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja .
                2. World Wide Web (WWW)
web adalah bagian yang paling menarik dari internet. melalui web , seorang pebisnis dapat mengakses informasi di situs2 web , tidak hanya berupa teks, tetapi juga gambar2 , suara , film, dan multimedia lainnya . sebenarnya web terdiri dari banyak dokumen dan informasi yang berada pada komputer2 server yang tersebar di seluruh dunia , termasuk di indonesia, yang terhubung satu dan lainnya melalui jaringan internet . 
               
                dalam suatu perekonomian yang kompleks saat ini , didalam dunia bisnis seseorang harus menghadapi tantangan dan resiko untuk mengkombinasikan tenaga kerja , material , modal dan manajemen secara baik sebelum memasarkan suatu produk . orang2 demikian itu dikenal sebagai pengusaha . seorang produsen harus mampu membuat produk secara efisien dalam jumlah maupun variasi yang dibutuhkan .motivasi utama kegiatan bisnis adalah laba - yang didefinisikan sebagai perbedaan antara penghasilan dan biaya2 yang dikeluarkan .
                ada beberapa faktor dari lingkungan bisnis yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis baru , yaitu
·         lingkungan internal > perusahaan
·         lingkungan industri > hambatan masuk , daya tawar pemasok , daya tawar beli , ketersediaan barang subsitusi , persaingan dalam industri , pengaruh stakeholder lain ..
·         lingkungan jauh > politik , sosial , ekonomi , teknologi
                kegiatan bisnis adalah salah satu contoh pekerjaan yang hampir semua orang dapat melakukannya akan tetapi tergantung niat dari pribadi masing2 untuk memulai kehidupan menjadi lebih baik ..
                yang perlu diperhatikan janganlah terpaku akan hal duniawi saja , kita perlu mendekatkan diri kepada ALLAH SWT . dengan mempelajari ilmu agama insya allah kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi . marilah kita tanamkan rasa ikhlas dalam melakukan setiap hal .ikhlas tidak akan terealisasi dalam amal, kecuali dengan dua unsur pokok
·         pertama
menghadirkan niat di dalam beramal tersebut , karena setiap amal itu tergantung pada niat . orang yang mengerjakan suatu amal tanpa disertai niat , yang baik atau buruk , ia tidak akan masuk golongan orang yang ikhlas .
·         kedua
memurnikan niat dari semua motif yang bersifat pribadi atau duniawi, sehingga menjadi benar2 ikhlas karena ALLAH ta'alah .

kesimpulannya .. jadilah pribadi yang  lebih baik dari masa lalu untuk masa depan  . menjalankan urusan dunia- akhirat harus seimbang . 


sumber :
·         BEYOND THE INSPIRATION

PENULIS               : FELIX Y.SIAUW

PENERBIT            : KHILAFAH PRESS

TAHUN                 : CETAKAN KE-1, APRIL 2010

                                  CETAKAN KE-2, JUNI 2010 M


·         SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

PENULIS               : WAHYUDI KUMOROTOMO

                                  SUBANDO AGUS MARGONO

PENERBIT            : GADJA MADA UNIVERSITY PRESS

TAHUN                 : JULI 2001


·         ENERGI IKHLAS

PENULIS               : YUSUF AL-QARADHAWI

PENERBIT            : MIZANIA          

TAHUN                 : 2011


·         BUSSINESS AN INTRODUCTION

PENULIS               : HUSEIN UMAR

PENERBIT            : PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

TAHUN                 : 2000

0 komentar: